sitisartikah.com

Anak Berprestasi? Kenalan Dengan Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional)

Ayah bunda sudah tahukah? bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, kementerian pendidikan dan kebudayaan menyediakan sebuah unit organisasi. Unit ini berperan khusus dalam mengampu segala prestasi yang dimiliki oleh para pelajar. Unit ini adalah pusat prestasi nasional yang disingkat Puspresnas.

pusat prestasi nasional

Nah, Puspresnas membawa tugas resmi mewadahi dan memfasilitasi peserta didik dan satuan pendidikan dalam berinovasi dan berkreativitas dibidang : sains, teknologi, kewirausahaan dan bidang lainnya. Dengan adanya puspresnas dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menunjukan bakat dan prestasinya secara maksimal. 

Prestasi ini baik di tingkat lokal, nasional ataupun internasional dan diakui oleh kemdikbud. Dengan puspernas memungkinkan pula peserta didik menggunakan prestasinya agar mendapatkan apresiasi yang layak dan berkelanjutan pada jenjang pendidikan berikutnya.

Yuk Kenal Lebih Jauh Dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas)

Apa itu Pusat Prestasi Nasional ?

Berdasarkan laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/, Puspresnas merupakan sebuah unit bidang pengembangan prestasi nasional. Seperti pusat data dan kegiatan yang terkait dengan prestasi peserta didik seluruh Indonesia. Dengan tugas utama  mencari, mewadahi/mengumpulkan, mengatur, mendorong, dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi generasi emas Indonesia untuk mencapai puncak prestasi tertinggi dalam berinovasi dan berkreativitas pada bidang:
a. Sains, 
b. Teknologi, 
c. Seni/Bahasa/Literasi, 
d. Olahraga, 
e. Vokasi dan 
f. Kewirausahaan, 

Inovasi dan kreatifitas tersebut dihasilkan melalui ajang kompetisi, lomba, festival dan apresiasi. Diharapkan Puspresnas menjadi pengembangan asas kolaborasi. Dimana akan dapat digunakan oleh kemitraan dengan para pemangku kepentingan (Pemerintah, Entitas Bisnis, Komunitas, Akademisi, dan Media) guna mencapai misi Manajemen Talenta Nasional.

Peserta didik yang terlibat meliputi jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus dan pendidikan tinggi. Dengan adanya pusat prestasi nasional, prestasi yang dimiliki oleh peserta didik dapat terdata dengan baik sehingga dapat memperoleh apresiasi. 

Apresiasi ini bisa dalam bentuk pengakuan di Kemdikbud, kemudahan pengecekan prestasi yang dapat digunakan dalam proses PPDB jalur prestasi. Di Puspresnas kita juga dapat melihat dan turut serta dalam ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan. Serta pemerintah pun memiliki database terkait prestasi peserta didik yang tersedia melalui SIMT (sistem informasi manajemen talenta).

SIMT (Sistem Informasi Manajemen Talenta)

Dalam rangka mempermudah akses informasi dan pendataan para peserta didik yang berprestasi. Puspresnas menyediakan suatu database yang bisa diakses oleh para orang tua atau peserta didik yang ingin memasukan prestasi yang telah diperoleh oleh anaknya.

data dalam sistem informasi manajemen talenta

SIMT ini merupakan proses pengakuan dari prestasi yang diperoleh dari peserta didik oleh Kemdikbud. Proses tersebut dilakukan melalui kurasi dari hasil sertifikat yang telah diperoleh peserta didik. SIMT memuat data prestasi peserta didik, persebaran prestasi dan pemetaan prestasi.

Dalam pelaksanaannya, SIMT dapat digunakan oleh pihak penyelenggara PPDB sebagai bahan pengecekan prestasi peserta didik pada jalur prestasi. Dengan menggunakan SIMT peserta didik proses penyelenggaraan PPDB akan berlangsung lebih transparan dan terukur.

fungsi simt

Bagaimana Memasukan Portofolio Prestasi Anak Di SIMT

Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu dari laman simt.kemdikbud.go.id. Orang tua dapat memasukan nama atau nomor nisn anak (peserta didik). Jika belum ada dan ananda memiliki prestasi, maka diharapkan orang tua dapat melakukan proses kurasi prestasi pada lama tersebut.

tata cara proses kurasi

Jika proses kurasi telah selesai, nama ananda akan masuk dalam laman simt dan diakui prestasinya oleh kemdikbud. Dan ini dapat digunakan sebagai pertimbangan saat akan ikut dalam proses ppdb jalur prestasi.

Begitu banyak perangkat yang telah disiapkan oleh Kemdikbud dalam upaya pengimplementasian kurikulum merdeka. Sehingga dapat menunjang proses transformasi menjadi lebih mudah dan adaptif. Unit puspresnas membantu mengelola prestasi dan memberikan kemudahan akses informasinya melalui SIMT. Harapannya, kita memiliki satu wadah yang terpusat untuk mengapresiasi prestasi para peserta didik.

So, Ayah bunda, kalo ada anaknya yang memiliki prestasi, jangan ragu untuk melakukan proses kurasi ya di SIMT.

Untuk Bapak Ibu Satuan Pendidikan juga, sering-sering pantau ajang kompetisi yang ada di Pusat Prestasi Nasional yaa.

#MerdekaBelajar #Lanjutkan
#PusatPrestasiNasional #SistemInformasiManajemenTalenta

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

Yusriah Ismail said…
wah keren nih agenda pemerintah..jadi terakui yaa..otomatis ini bikin gak perlu sertifikat/piagam lagi gak sih? tinggal nunjukin daftarnya gitu pas daftar kuliah atau kerja dan sudah terakui