sitisartikah.com

5 Manfaat Berenang Bagi Anak Dan Tahapan Berlatihnya

Berenang merupakan olahraga yang menemani perjalanan kami dalam melatih kekurangan motorik anak. Berawal dari kami melakukan tes psikologi untuk anak dalam rangka persiapan masuk sekolah dasar. 

Berdasarkan hasil test, pihak psikolognya tidak menyarankan untuk melakukan terapi, hanya dengan menyuruh anak kami untuk berlatih berenang. Kami mencoba mencari tahu, apa manfaat berenang bagi anak sampai sang psikolog menyarankan hal tersebut.
Beragam informasi coba kami cari dari manfaat sampai bagaimana cara mengajarkan berenang. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh anak apabila berlatih berenang. Hal tersebut dapat menjadi dasar anak dalam pemenuhan kebutuhan persiapan belajar di sekolah.

5 Manfaat Berenang Bagi Anak Dan Tahapan Berlatihnya

Sebelum pencarian pelatih berenang, kami menemukan bahwa manfaat berenang bagi anak adalah sebagai berikut :

1. Mengasah Motorik Anak

Perkembangan tubuh anak akan berkembang dengan baik, akibat gerakan yang dilakukan dalam air. Persendian dapat bergerak dengan optimal dan badan akan menjadi lebih lentur, akibat gerakan yang dilakukan dalam berenang. Seluruh anggota tubuh dapat terlatih dari kepala sampai kaki, sehingga bagian otot akan bergerak dan terlatih dengan baik.

2. Melatih keseimbangan

Salah satu catatan pada tumbuh kembang anak kami ada diarea keseimbangan tubuh atau vestibular. Sehingga anak kami mudah terjatuh, pijakan kurang kuat dan kesadaran akan wilayahnya kurang. 
Nah dalam berenang diajarkan bagaimana tubuh bisa mengapung dan bergerak dalam air. Saat berenang tubuh akan melakukan gerakan yang seimbang antara kedua sisi. Dengan demikian kedua area tubuh akan terlatih sama baik.

3. Meningkatkan Fokus (Konsentrasi)

Dalam berenang, kita memiliki tujuan untuk sampai ke finish dengan melakukan gerakan pengulangan dari suatu gaya renang. Untuk konsisten, maka diperlukan konsentrasi yang tinggi. 
Karena saat berenang kita perlu menggerakan anggota tubuh kita sesuai dengan gaya yang digunakan agar terus dapat bergerak didalam air. Disini pun kita perlu mengatur ritme gerakan antara waktu menyelam dan mengambil napas. Dan fokus sangat dibutuhkan disini.

4. Belajar memahami instruksi

Sebenarnya dalam point ini semua kegiatan olahraga bisa menjadi sarana anak belajar memahami instruksi. Namun dalam berenang anak akan terasa lebih rileks dan nyaman. Sehingga akan muncul perasaan menyenangkan yang dapat membantu anak lebih memahami instruksi yang diberikan.

5. Stimulasi sensori seluruh tubuh

Karena berenang dilakukan dalam air, sehingga seluruh permukaan tubuh tersentuh dengan air. Efeknya area tubuh terstimulus. Stimulasi ini merangsang perkembangan saraf-saraf, meningkatkan kualitas metabolisme dan meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Tahapan Berlatih Berenang

Begitu banyak manfaat berenang bagi anak, sehingga ayah bunda tidak perlu ragu untuk mengarahkan anak berlatih berenang. Berdasarkan pengalaman pribadi kami dalam mengajarkan anak kami berenang, tahapannya adalah sebagai berikut :

1. Niatkan berenang sebagai ikhtiar agar mendapatkan kebaikan dari Allah untuk anak kita

Segala sesuatu berawal dari niat, jadi saat kita memiliki niat baik, maka kembalikan lagi niatnya untuk menjaga dan mendidik anak yang merupakan amanah dari Allah. Kami yakinkan diri kami diawal, bahwa inilah cara kami agar dapat mendapatkan kebaikan dari Allah.
Dengan demikian, niat ini yang menjadi dasar kami apabila kami menemukan rintangan dan masalah dikedepan harinya. Dan hal tersebut mendidik kami, agar tetap istiqomah dalam berlatih.

2. Sounding Kepada Anak Mengenai Berenang

Jujur, anak kami takut sekali dengan air kolam, waktu berenang dengan kami pun dia sampai tak berani dilepas tangan (padahal kondisi tempatnya bisa untuk dia berdiri). Sehingga kami lakukan persuasi diawal dengan memberitahu kepadanya, "nak, kamu butuh latihan berenang, untuk dukung kaki kakak lebih bagus lagi lebih kuat lagi, jadi ayo kita renang ya, mama papa temani".
Kami melakukan sounding selama proses pencarian pelatih renang. Agar anak tidak kaget jika sudah ada jadwal latihan renang. Minimal secara pikiran dia sudah tau, bahwa akan belajar berenang.

3. Memilih Pelatih Yang Cocok Dengan Anak Kami

Waktu awal kami mencari pelatih, kami mencari pelatih yang memang sudah biasa menangani anak kecil se-usia anak kami. Kita bisa melihat track recordnya dan bertanya apa bisa mengikuti kelas percobaan terlebih dahulu.

4. Latihan dengan konsisten

Hal yang saya syukuri saat ini adalah kami bisa konsisten berlatih dengan baik. Dari anak kami yang takut air, sampai pada kondisi sekarang yang sudah bisa berbagai macam gaya renang. Konsisten itu tidak mudah, tapi bisa diusahakan.

5. Ikuti Materi Latihan Dengan Baik

Penting sekali untuk konsisten hadir berlatih. Namun, konsisten dengan mengikuti materi latihan lebih diutamakan. Hal ini mendidik anak lebih disiplin dengan terarah, sehingga hasilnya manfaat berenang bagi anakpun akan lebih terlihat dengan baik.


Hasil Konsisten Latihan Berenang

Manfaat berenang bagi anak kami sangat luar biasa. Terlihat sekali perbedaannya kondisi anak kami dari sebelum dan sesudah berlatih berenang. Bahkan, dari gurunya pun mengatakan secara langsung perbedaan dari kekuatan postur dan motorik anak kami berubah menjadi lebih baik.
Dari sebelumnya kurang seimbang menjadi lebih seimbang dan kekuatan kakinya menjadi lebih baik dalam pijakan. Kemampuan melihat spasialnya pun berubah, menjadi lebih baik sehingga tidak mudah menabrak benda-benda saat berjalan.
Senang sekali melihat perubahan positif tersebut. Selain perubahan motorik yang nyata, ternyata manfaat berenang yang meningkatkan konsentrasi membantu meningkatkan kognitif anak kami. Sehingga dalam belajar fokusnya membaik dan hasilnya baik.
Plusnya dari manfaat berenang bagi anak kami, adalah peluang untuk berprestasi jalur renang. Kami dapat mengarahkan anak kami ke perlombaan renang yang nantinya dapat digunakan untuk menambah portofolio anak kami.

Begitu banyak manfaat berenang untuk anak kami, semoga cerita ikhtiar kami melatih motorik dengan berenang dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment