sitisartikah.com

Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Clean Eating

"Dietnya besok aja?", Kalimat rayuan yang selalu ter-ngiang kalau hendak memulai diet. Namun kali ini sudah tidak bisa berdalih dengan kata besok. Karena tubuh sudah mengirimkan sinyal yang kurang baik. Tubuh sudah meminta agar melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.
tips diet sehat menurunkan berat badan dengan clean eating

Kenapa kok harus diet, yhap diawali dengan hasil MCU (Medical Check Up) yang kurang baik. Ada bagian-bagian tubuh yang perlu diperhatikan, salah satunya hati. Dari hasil MCU menunjukan adanya perbesaran hati atau fatty liver akibat tubuh yang masuk kategori Obesitas 1. Selain itu, adanya kurang nutrisi dan zat besi.

Memulai perjalanan diet sehat rendah kalori, bukan karena untuk gaya, tapi karena sudah tuntutan kebutuhan badan. Walau fisik terlihat fit dan baik-baik saja, nyatanya dia mulai rapuh.

Bayangkan, diri ini masuk kategori obesitas, namun kurang gizi disaat bersamaan. Sungguh sangat ironi yaak..hikshiks. Oleh sebab inilah, dianjurkan diet sehat untuk menurunkan berat badan serta harus memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Akhirnya mencari komunitas dan kelas diet yang dapat membantu diri ini dalam melakukan diet sehat. Banyak macam-macam pola diet, bagi saya pribadi menentukan pola diet, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Sejauh mana asupan yang harus diperbaiki. Oleh karenanya konsultasi perlu dilakukan agar diet bukan hanya sekedar ikut-ikutan.

Pilihan jatuh hati adalah kelas diet alamiya. Pemilihan ini didasarkan dari beberapa pertimbangan, diet yang dilakukan konsen kepada memperbaiki asupan makanan sesuai kalori dengan gizi yang diseimbangkan. Daan, diet di kelas alamiya diet anti lapar yo, jadi ga menderita banget.wkwkwkwk #sipalingmenderita.

Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Clean Eating

Konsep utama dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan alamiya adalah dengan penerapan clean eating dan defisit kalori. Secara definisi clean eating adalah suatu kegiatan konsumsi yang fokus pada makanan yang alami, minim proses pengolahan dan bahan tambahan. Selain itu, defisit kalori juga memegang peranan penting lainnya dalam proses diet sehat menurunkan berat badan.

Kelebihan Mengikuti Kelas Diet Alamiya

Sebelum masuk kedalam tips, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengikuti kelas diet alamiya ini. Kelebihan tersebut yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih kelas diet sehat.

1. Kelas diet didampingi oleh Ahli Gizi dan Mentor Olahraga

Pada kelas yang saya ikuti, kami didampingi oleh seorang ahli gizi dan mentor olahraga. Ahli gizi tersebut yang membuatkan menu takaran kalori untuk kami. Sedangkan mentor membantu memberikan pengertian dan motivasi untuk berolahraga.

2. Pendekatan dengan bahan makanan yang alami dan fleksibel

Menu yang diberikan kepada kami dapat diubah tergantung dengan ketersediaan yang ada dirumah. Jadi bisa dikonsultasikan secara langsung jika kita ingin mengkonsumsi A atau B kepada pihak admin kelas.

3. Diet Anti Lapar

Selama mengikuti proses diet, asupan makanan yang saya rasakan sangat baik. Frekuensi makan yang baik dan jauh dari kata aneh atau ribet.

4. Diet dapat disesuaikan dengan tujuan

Nah, untuk kelas diet ini ada juga yang mengikuti dengan niat untuk menaikan berat badan. Sehingga porsi kalorinya akan diberikan lebih banyak dari yang ingin menurunkan berat badan. Wah, menarik bukan?

5 Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Dari kelas diet ada lima tips diet sehat untuk menurunkan berat badan, yaitu sebagai berikut :
lima tips diet sehat

1. Konsisten Menerapkan Clean Eating

Waktu awal proses memulai diet, saya tidak langsung mengubah menu. Namun dilakukan perlahan dengan mengganti proses pengolahan makanan yang minim minyak. 
Ya mayoritas kukus rebus atau tumis. Setelah tubuh mulai terbiasa dengan pola tersebut, maka baru keluarlah panduan menu dari tim kelas diet alamiya. 
Menu tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan kalori berdasarkan berat badannya. Bahan yang digunakan mayoritas yang minim proses, sehingga tidak perlu ribet untuk menyiapkannya.

2. Menghitung Jumlah Kalori yang masuk dalam tubuh

Setelah pembiasaan pola makan, barulah menu diet diberikan kepada kami. Menu tersebut berbeda tergantung berat badan. Dengan konsisten makan sesuai dengan menu, efek yang terlihat akan jauh lebih cepat.
contoh menu clean eating

3. Imbangi dengan olahraga

Tak hanya pola makan, olahraga juga memegang peranan penting dalam proses diet sehat menurunkan badan. Olahraga dapat membantu bagian tubuh yang awalnya besar menjadi lebih kencang atau tidak bergelambir. Olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari.

4. Taat aturan waktu makan

Taat aturan waktu makan juga penting, karena apabila kita melewatkan satu waktu makan dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi atau mineral. Sehingga jika ingin tetap sehat selama proses diet, penting sekali untuk mengikuti aturan waktu makan.

5. Kunyah makanan dengan perlahan dan cukup halus

Mengunyah makanan dengan perlahan dan halus dapat membantu proses metabolisme makanan didalam perut. Sehingga memberikan sinyal atau respon ke tubuh akan perasaan kenyang yang lebih baik.

Hasil Penerapan Diet Sehat

Saat memulai diet ini, posisi berat badan saya ada di 72 Kg. Dengan mengikuti list menu makanan yang sudah disesuaikan dengan aktifitas dan berat badan saya, Alhamdulillah posisi saat BB saya ada di kisaran 65.5 - 66 Kg.
Lumayan banget kan ya, dalam waktu 2 bulan kurang bisa merasakan manfaatnya. Ketentuan yang dibuat dalam kelas diet tersebut membantu saya tak hanya memperbaiki kesehatan diri. Namun juga membantu memberikan kebugaran dan berat badan yang turun.
Banyak pola diet yang sudah ada saat ini, pemilihan didasarkan pada kecocokan dan kebutuhannya. Karena boleh jadi di A cocok, belum tentu di B. Yang paling utama untuk diingat bahwa diet yang baik adalah diet yang sehat dan juga bergizi.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment