sitisartikah.com

5 Tips Membuat Tulisan Yang Menarik Dari Pelatihan Kapasitas Penulisan

Media tulisan menjadi salah satu perantara dalam penyampaian informasi. Tulisan yang menarik hati pembaca, akan membantu tersampaikannya informasi dari penulis ke pembaca. Untuk membuat suatu tulisan yang menarik pun tidak lepas dari banyak faktor keterampilan yang harus diketahui dan dilatih.

Saya bersyukur dari Tim BKHM (Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat) Kemdikbud membuat suatu kegiatan yang berisikan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas penulisan komunitas. Pelatihan kapasitas penulisan sangat bermanfaat bagi saya dan komunitas yang sedang dalam proses belajar menjadi seorang blogger dan fasilitator ibu penggerak. Karena keahlian menulis merupakan hal yang patut dimiliki oleh setiap blogger dan juga bisa menjadi sarana menyebarkan manfaat.

Proses kegiatan pelatihan diawali seleksi pendaftaran dengan mengirimkan tulisan bertema pendidikan. Tulisan yang saya buat adalah mengenai implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang dilaksanakan di sekolah anak kami. Waktu itu saya menulis dalam rangka pemenuhan tugas menulis di kelas backlink yang saya ikuti. Sekaligus curahan hati seorang ibu yang menikmati mendampingi anaknya dalam proses belajar di sekolah dengan kurikulum merdeka.

Biidznillah, terpilih menjadi salah satu peserta pelatihan peningkatan kualitas dan kapasitas penulisan. Kegiatan ini diisi oleh para pemateri yang luar biasa memberikan ilmu mengenai membuat tulisan yang menarik.

5 Tips Membuat Tulisan Yang Menarik

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penulisan Komunitas

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dengan materi yang dipilihkan untuk mendukung keterampilan menulis. Materi tersebut adalah materi teknik menulis feature, menulis teknik storytelling dan optimalisasi SEO dalam penulisan pada web.
Materi ini dibawakan oleh pemateri yang banyak berkecimpung diranah tersebut. Adapun pemateri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Ibu Budiana Indrastuti - Kepala UI Publishing dengan materi teknik menulis feature dan copy the master
2. Bapak Dwi Santoso - Creative Advisor dengan materi teknik menulis storytelling
3. Bapak Radius Arianto - CEO PT. Ruang Henti Digital dengan materi optimalisasi SEO pada penulisan di web.

Teknik Menulis Karangan Khas atau Feature Oleh Ibu Budiana

Begitu banyak manfaat menulis bagi pribadi dan komunitas. Dengan membuat tulisan kita dapat memberikan informasi, memberikan dukungan terhadap sesuatu, mengekspresikan diri dan sarana hiburan. Salah satu teknik penulisan yang dapat digunakan dalam blog atau dalam suatu komunitas adalah teknik menulis feature.
Menulis feature merupakan suatu teknik menulis yang dapat menceritakan sesuatu sesuai dengan fakta dan kondisi yang ada. Teknik ini bisa digunakan dalam pembuatan biografi, berita dan alur cerita kejadian tertentu yang dilengkapi dengan fakta.
Dengan menulis feature, kita dapat memberikan informasi dengan gaya bahasa kita sendiri namun tetap sesuai dengan fakta yang ada. Dengan demikian tulisan yang kita buat dapat terpercaya dan memiliki suatu ciri khas tersendiri. Dimana keterampilan menulis feature dapat diterapkan dalam komunitas saat melakukan sosialisasi ke pembaca terhadap suatu hal.

Dasar Menulis Storytelling oleh Bapak Dwi Santoso

Bercerita memiliki kekuatan tersendiri dalam proses penyampaian informasi. Orang lebih cenderung mengingat suatu cerita kejadian dibandingkan dengan suatu hal yang substansif. Tulisan dengan cerita terkesan lebih ringan, lebih akrab dirasakan oleh pembaca.
Oleh sebab itu, Dasar menulis storytelling pun merupakan hal penting yang harus dimiliki saat kita akan membuat suatu paparan di media sosial, baik itu web atau media lainnya.
Dalam materi ini, kami mempelajari kerangka umum suatu cerita dan bagaimana penempatan alur agar cerita tersebut menjadi suatu tulisan yang menarik. Serta tulisan tersebut juga dapat diterima oleh sasarannya.

Pelatihan SEO (Search Engine Optimization) oleh Pak Radius

Tujuan menulis tiap masing individu mungkin berbeda. Namun, jika ingin tulisan kita dapat memberikan kontribusi dan bermanfaat, maka kita membutuhkan pembaca. Salah satu cara agar tulisan kita dapat ditemukan oleh pembaca adalah dengan melakukan optimalisasi mesin pencarian.
Google sebagai suatu mesin pencari terbesar saat ini, memiliki kemapuan untuk membaca suatu tulisan yang telah dipublish dalam media sosial. Pentingnya kita mengetahui tips dan trik agar mesin tersebut dapat mengenali tulisan dan web kita dengan baik dan benar.
Oleh karena itu, penting sekali pemahaman akan SEO dalam proses pembuatan tulisan di media web atau blog. Dengan memperhatikan kaidah SEO, kita bisa membuat tulisan berada dalam page one google. Sehingga tulisan kita dapat ditemukan oleh target pembacanya.

5 Tips Membuat Tulisan Yang Menarik

Selama mengikuti pelatihan penulisan, ada banyak insight yang kami peroleh berkaitan dengan cara membuat tulisan yang menarik pembaca. Adapun tips membuat tulisan yang menarik adalah sebagai berikut :

1. Buat 'Hook' judul yang menarik

Judul merupakan hal pertama yang dapat menarik pembaca untuk membuka tulisan kita. Sehingga pembuatan judul yang menarik atau istilah sekarang clickbait menjadi kunci tulisan kita dapat terbaca oleh orang lain. Tentunya pembuatan judul yang clickbait ini tidak boleh melenceng dari isi pesan yang hendak disampaikan kepada pembaca ya.

2. Konsisten dengan Tujuan Penulisan

Agar tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca, penting konsisten terhadap tujuan penulisan. Hal ini pun penting agar tulisan yang dibuat tidak melebar kemana-mana. Konsisten dalam penulisan bisa dibantu dengan menggunakan kerangka tulisan, sehingga semua sesuai dengan tujuan penulisan.

3. Memilki Alur dan Klimaks

Dalam tulisan yang dibuat, perlu alur atau kerangka tulisan. Kerangka ini akan menjadi acuan dalam tulisan. Alur yang baik dan enak dibaca akan membuat pembaca betah berlama-lama dalam membaca tulisan kita. Sehingga tulisan kita dapat lebih mengena ke pembaca.

4. Menjawab Pertanyaan Pembaca (Menerapkan 5W1H)

Tulisan yang bermanfaat akan lebih mudah menarik pembaca. Karena tulisan yang mereka baca dapat menjawab pertanyaan yang mereka miliki. Oleh karena itu, perlunya menerapkan kaidah 5W1H (what, who, where, why, when dan how) dalam isi tulisan yang kita buat.

5. Ada Pesan Yang Disampaikan

Pesan yang dapat tersampaikan dengan baik, akan membangun kepercayaan pembaca kepada personal kita sebagai penulis. Ini seperti bagaimana cara kita membranding diri kita dalam tulisan. Dengan selalu memberikan pesan yang baik dan manfaat, maka kita mungkin akan memiliki pembaca organik kita sendiri.

Penutup

Pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak BKHM sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kami dalam menulis. Yang pada nantinya akan digunakan dalam kegiatan di komunitas dan personal. Dengan pelatihan ini kami menjadi lebih paham mengenai cara membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat. Semoga kedepannya akan banyak kegiatan seperti ini untuk memperluas kemampuan penulisan.


Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment