sitisartikah.com

Ingin Rambut Sehat, Ini 5 Perawatan Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh ibu rumah tangga. Apalagi jika sedang dilanda stress atau letih. Perawatan rambut rontok bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, sehingga lebih sehat dan ramah terhadap kulit kepala.

perawatan rambut rontok secara alami

Rambut rontok yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kebotakan di kepala. Dan tentunya ini akan menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan. Sebelum masuk ke perawatan rambut rontok, ada baiknya kita mengetahui sebab rambut rontok.


Penyebab Rambut Rontok

Rambut memiliki siklus rambut rontok dengan jumlah 50-100 helai per hari. Bila rambut rontok lebih dari 100 helai per harinya maka rambut rontok tersebut sudah masuk dalam kategori berlebihan. Serta sudah masuk dalam tahap perlu mendapatkan perawatan rambut rontok. 

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : asupan gizi yang kurang, penggunaan produk shampo yang kurang cocok, hormon, konsumsi obat, masalah psikologis dan anemia.

Asupan Gizi Yang Kurang

Kurangnya asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang kurang optimal. Laju pertumbuhan rambut akan lebih tipis dari seharusnya. Pola makan sehat dan seimbang memegang peranan penting dalam mencegah kerontokan rambut.

Guna memperbaiki asupan gizi untuk mencegah rambut rontok, maka perlu ditingkatkan konsumsi protein, tinggi zat besi, vitamin B, zinc dan lainnya. Konsumsi makanan yang seimbang gizinya dapat membantu tubuh untuk menghasilkan zat yang dibutuhkan dalam menumbuhkan rambut dan mempersehat kulit kepala.

Produk Shampoo Yang Kurang Cocok

Penggunaan shampoo yang tidak cocok atau berganti-ganti dapat menyebabkan perubahan kondisi kulit kepala. Akibat bahan kimia yang terkandung dalam shampoo tersebut. Bahan kimia tersebut dapat membuat rambut tidak sehat sehingga kerontokanpun mungkin terjadi.

Pemilihan shampoo yang cocok dengan kulit kepala atau yang berbahan alami dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat kerontokan. Selain itu, penggunaan satu produk dengan konsisten bisa juga membantu mencegah rambut rontok.

Konsumsi Obat

Efek dari konsumsi obat bisa menyebabkan rambut rontok. Terdapat beberapa obat yang dapat nyebabkan rambut rontok diantaranya obat penyakit jantung, obat-obatan kemoterapi dan obat anti depresan.

Masalah Psikologis

Hal lain yang menjadi penyebab rambut rontok adalah masalah kesehatan. Masalah kesehatan ini seperti sedang mengalami stress, pasca melahirkan atau pasca melakukan operasi. 

Anemia

Penyebab rambut rontok selanjutnya ialah kekurangan zat besi. Zat besi yang kurang menyebabkan suplai oksigen tidak mencukupi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karenanya penting sekali menjaga asupan makanan yang memiliki kandungan zat besi.

penyebab rambut rontok

Pada tulisan kali ini saya mencoba berbagi pengalaman mengatasi rambut rontok dengan bahan alami, semoga bisa membantu teman-teman yang mengalaminya. Yuk, kita lihat apa saja si perawatan rambut rontok.


Lima (5) Perawatan Rambu Rontok Secara Alami

Pengalaman mengalami kerontokan rambut yang parah akibat dari asupan gizi yang kurang baik dan penggunaan sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala saya. Untuk asupan gizi saya mencoba makan makanan yang tinggi protein dan kaya zat besi. Untuk perawatan rambut rontok secara alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan dibawah ini:

1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya yang kaya akan vitamin A dan D, Zat besi dan protein dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyuburkan rambut. Selain itu, lidah buaya dapat juga memberikan kelembapan yang baik bagi kulit kepala. 

Perawatan rambut rontok dapat digunakan dengan mengoleskan cairan lidah buaya ke kulit kepala secara merata. Kemudian didiamkan selama 30 menit lalu kemudian bilas-lah dengan menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan ini secara rutin, maka khasiat yang diperoleh akan lebih bagus.

2. Minyak Zaitun

Kandungan zat besi, kalsium, serta vitamin A, C, D, E, dan K dalam minyak zaitun bisa membantu mengurangi rambut rontok. Cara melakukan perawatan rambut rontok dengan minyak zaitun adalah dengan melakukan masker minyak zaitun. 

Perawatan ini diawali dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan mendiaminya selama kurang lebih 30 menit. Saat mengoleskannya bisa diiringi dengan melakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Agar nutrisi yang ada di minyak zaitun tersebut dapat terserap kedalam kulit kepala.

Setelah didiamkan selama 30 menit, kulit kepala dibilas menggunakan air bersih.

3. Teh Hijau

Salah satu cara yang paling mudah memperbaiki rambut rontok adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau memiliki senyawa yang dapat mervitalisasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. 

Cara perawatannya juga terbilang mudah yaitu dengan menggunakan air seduhan dua celup teh hijau. Air tersebut disiramkan ke rambut sampai merata keseluruh bagian rambut. Kemudian rambut ditutup selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas setiap hari dapat menimbulkan kerusakan rambut akibat bahan kimia yang ada dalam sampo yang digunakan. Beberapa kerusakan yang bisa timbul akibat terlalu sering berkeramas adalah kulit kepala menjadi kering, rambut mudah patah, nutrisi yang baik dalam kulit kepala terkikis.

Salah satu nutrisi yang bisa berkurang di kulit kepala akibat terlalu sering keramas adalah minyak yang merupakan unsur pelembab alami kulit kepala. Waktu awal mengalami kerontokan yang saya lakukan adalah mengurangi penggunaan sampo terlebih dahulu baru treatmen lainnya dengan bahan diatas.

Ga bersih donk kalo ga sampoan, tenang aja kawan! kita bisa membersihkan kepala dengan membilas secara merata kepala hanya dengan menggunakan air bersih. Itu sudah cukup. Penggunaan sampo dapat dilakukan satu - dua kali seminggu. Sampo yang dipilih pun harus yang memiliki kandungan aktif yang baik dan alami.

5. Terapkan Pola Makan Sehat Dan Bergizi

Banyak keluhan yang akan timbul akibat dari pola makan dan gizi yang kurang baik. Seperti rontok rambut, kelesuhan, konsentrasi dan masalah minor yang mengganggu seperti kaki sakit, atau badan yang kurang fit.

Dalam memperbaiki asupan makanan, saya mencoba menerapkan diet alami yang menitikberatkan konsumsi makanan real food atau minim proses pengolahan. Selain itu saya juga melakukan penyeimbangan komposisi gizi dari makanan yang dikonsumsi.

5 perawatan rambut rontok

Alhamdulillah dengan menerapkan lima (5) perawatan rambut rontok diatas, kerontokan rambut saya kembali menjadi normal. Dan rambut pun terasa lebih sehat. Semoga kawan-kawan yang mencobanya dapat merasakan hasil yang sama ya.

Selama mencoba.

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood
Newest Older

Related Posts

Post a Comment