sitisartikah.com

Inilah 5 Tips Menabung Untuk Pelajar

Menabung merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan keterampilan dalam mengatur keuangan. Tentunya, sebagai orang tua ingin mengajarkan anak berlatih menabung. Artikel ini akan mengulas mengenai 5 tips menabung untuk pelajar.

inilah 5 tips menabung untuk pelajar

Manfaat Menabung

Saat ini, kebiasaan menabung mulai berkurang tergerus dengan kemajuan zaman. Pola hidup konsumtif menyebabkan pelajar cenderung menghabiskan uang yang dimiliki untuk mengikuti tren di sosial media. Serta budaya yang ingin serba cepat tanpa menikmati prosesnya.

manfaat menabung

Padahal menabung memiliki banyak manfaat dalam belajar pengelolaan keuangan. Dalam berbagai sumber, menabung merupakan salah satu sarana untuk melatih keterampilan mengatur keuangan. Dengan menabung, para pelajar akan mampu mengelola dan menentukan prioritas keuangan. 

Mereka dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk tujuan tertentu. Diharapkan dengan begini mereka dapat membedakan mana yang disebut keinginan dan kebutuhan. Berikut manfaat menabung :

1. Melatih disiplin dan menghargai uang

Dalam menabung anak akan belajar membagi waktu dan porsi harian menabung. Mereka akan memiliki ritme tersendiri untuk menyisihkan uang yang mereka miliki. Dengan banyak pengorbanan yang dilakukan, anak-anak akan belajar menghargai uang yang mereka miliki. Sehingga akan lebih sadar saat akan menggunakannya.

2. Belajar membedakan keinginan dan kebutuhan

Menabung dapat digunakan dengan banyak tujuan, entah membeli barang yang disukai, atau membayar sesuatu yang diinginkan atau memenuhi kebutuhan diri. Menabung membantu anak atau pelajar untuk dapat memperoleh apa yang diinginkan atau yang dibutuhkan.

Keterbatasan penggunaan uang, akan memberikan anak pertimbangan untuk memilih mana kebutuhan yang harus diutamakan dan yang masih bisa ditunda. Dengan demikian anak akan lebih "wise" dalam berbelanja uangnya.

3. Belajar hidup hemat dan mandiri

Anak dapat belajar hidup hemat melalui menabung. Mereka akan memiliki prioritas mana yang harus didahulukan dan tidak. Sehingga menumbuhkan pengendalian diri yang baik.

Puncak dari pengelolaan keuangan dengan menabung, anak menjadi lebih mandiri secara keuangan. Mereka dapat membeli sesuatu dengan kemampuan mereka sendiri.

4. Memahami konsep dana darurat

Anak akan belajar bahwa ada suatu fase dimana membutuhkan uang secara mendadak atau diluar perkiraan. Maka dibutuhkan tabungan sebagai dana darurat yang dapat digunakan. Misalnya saat kondisi tiba-tiba orang tua sakit atau ada keperluan diluar perkiraan.

Pemahaman konsep dana darurat ini akan membuat anak menghabiskan uang hanya untuk hal-hal penting. Dan menyisihkan untuk suatu kondisi tertentu.


Inilah 5 Tips Menabung Untuk Pelajar

Seperti yang sudah diulas mengenai manfaat menabung. Perlunya pembiasaan sedini mungkin agar pola gemar menabung tertanam pada diri anak atau pelajar. Pembiasaan ini dapat dilakukan secara pelan-pelan mengikuti ritme anak dan disesuaikan dengan usia.

Adapun 5 (lima) tips menabung untuk pelajar :

1. Tentukan Tujuan Menabung

Langkah pertama agar bersemangat menabung adalah dengan menentukan tujuan dari menabung. Misalnya menabung untuk dapat pergi ke dufan. Anak akan memiliki motivasi tersendiri dalam mengejar tujuannya.

2. Menentukan waktu menabung

Menentukan waktu ini penting agar memiliki ritme menabung. Misalnya menabung sehabis menerima uang jajan atau setelah pulang sekolah. Dengan demikian kebiasaan tersebut akan hadir di diri para pelajar.

3. Menentukan prioritas kebutuhan

Menyambung dengan waktu menabung, para pelajar sebaiknya sudah menghitung kebutuhan yang akan dia keluarkan dari uang yang diperoleh. Akan nampak nilai uang yang dapat di tabung. Disinilah anak akan mengerti mengenai alokasi dari uang yang dimilikinya.

4. Kendalikan diri dengan menyisihkan uang jajan

Baiknya uang jajan yang diperoleh dialokasikan terlebih dahulu untuk menabung, baru digunakan untuk jajan. Disini peran penting pengendalian diri dari menggunakan uang untuk hal yang tidak penting. 

5. Simpan dalam bentuk tabungan pelajar

Salah satu cara menjaga uang yang dimiliki dapat lebih aman adalah dengan menitipkannya ke dalam bentuk tabungan pelajar. Uang yang ditabung dapat tercatat dengan baik dan aman. Sehingga dapat diambil sewaktu dibutuhkan.

lima tips menabung untuk pelajar

Itulah 5 tips menabung untuk pelajar. Semoga kebiasaan menabung dapat tumbuh subur dan menghasilkan generasi yang faham akan literasi keuangan. 


Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment