sitisartikah.com

Rekomendasi Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak termasuk kulit yang dianggap mudah mengalami masalah kulit. Masalah kulit yang dapat muncul pada kulit berminyak adalah munculnya jerawat. Oleh karenanya dibutuhkan skincare routine untuk kulit berminyak. Dengan perawatan yang tepat, masalah yang mungkin timbul akan lebih kecil.

rekomendasi skincare routine untuk kulit berminyak

Skincare routine untuk kulit berminyak

Ciri Kulit Berminyak

Minyak dalam kulit merupakan salah satu komponen yang diperlukan, guna menjaga kelembapan. Namun, apabila jumlahnya sudah berlebihan, minyak dapat menimbulkan masalah kulit dan mengganggu penampilan seperti kusam dan jerawat.

Sebelum masuk ke jenis skincare routine yang bagus untuk kulit berminyak, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu ciri-ciri kulit berminyak dan perawatan dasarnya. Agar perawatan yang dilakukan tepat sesuai dengan tipe kulitnya.

Adapun ciri kulit berminyak adalah sebagai berikut :

1. Mudah Berkeringat dan Memiliki Pori-pori yang Besar

Akibat dari produksi minyak yang tinggi, maka pori-pori di wajah dapat membesar. Perbesaran pori-pori ini adalah untuk menampung jumlah minyak yang dikeluarkan. Jika terjadi perbesaran pori-pori maka kecenderungan tumbuh jerawat dan komedo menjadi lebih tinggi.

2. Wajah mengkilat dan Licin saat disentuh

Pernahkan kita melihat ada pemilik wajahnya yang mengkilat, ini salah satu ciri dari pemilik wajah berminyak. Karena kulit memproduksi minyak lebih banyak daripada pemilik wajah kulit normal. Apalagi jika dilakukan dengan menempelkan tisue minyak, akan nampak kandungan minyak yang ada dipermukaan kulitnya.

3. Make up Lebih Cepat Hilang

Jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit dapat menggikis make-up yang digunakan. Untuk yang mengalami hal ini, kemungkinan kulit wajahnya bertipe kulit berminyak.

4. Terdapat Komedo dan Jerawat

Banyaknya minyak pada kulit wajah yang terkumpul dipori-pori dan bergabung dengan kotoran dan kulit mati serta bakteri dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Jerawat dan komedo ini sangat mengganggu penampilan dan dapat merusak kulit.

Oleh karenanya perlu sekali dilakukan perawatan yang tepat bagi kulit berminyak. Ada beberapa dasar perawatan bagi kulit berminyak yang bisa dilakukan secara rutin.


Cara Merawat Kulit Berminyak

Dasar utama dalam merawat kulit berminyak adalah dengan rajin melakukan pembersihan. Dengan menjaga kebersihan kulit berminyak, kita dapat meminimalisir masalah kulit yang akan timbul. Tentunya, perawatan ini harus dilakukan secara rutin.

cara merawat kulit berminyak

a. Rajin Mencuci Wajah

Kebersihan adalah pangkal sehat yaa, tentunya berlaku juga untuk kulit kita. Kulit yang bersih, akan lebih sehat dan meminimalisir minyak dan kotoran yang tertumpuk diwajah. Oleh karenanya, penting untuk rutin mencuci muka pagi-malam terutama setelah habis berpergian.

b. Perbaiki Asupan Makanan

Konsumsi makanan mempengaruhi kondisi kulit. Makanan yang masuk kedalam tubuh akan digunakan untuk menghasilkan minyak di kulit, sehingga memilih makanan yang baik untuk kesehatan kulit sangatlah dibutuhkan. Makanan produk olahan susu dan tinggi gula dapat menyembabkan tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Dengan demikian sebaiknya makanan tersebut dikurangi konsumsinya.

c. Mencukupi Konsumsi Air Putih

Air putih merupakan komponen baik yang dibutuhkan tubuh, jumlah asupannya harus sesuai dengan batasan minimal kebutuhan tubuh. Yang dihitung berdasarkan porsi berat tubuh. Konsumsi air putih penting menjaga hidrasi dari kulit.

d. Memakai skincare routine yang cocok untuk kulit berminyak

Dalam menangani kulit berminyak dibutuhkan skincare routine yang cocok untuk menyerap dan meminimalisir jumlah minyak yang keluar. Skincare tersebut haruslah aman dan minim minyak. Dengan demikian dapat diaplikasi secara routine. Dalam pemakaiannya juga memerlukan urutan yang jelas dan sesuai sehingga ampuh merawat kulit.

e. Melakukan eksfoliasi rutin

Wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori besar. Pori-pori tersebut perlu dibersihkan dengan rutin melakukan eksfoliasi dan masker, agar dalam pori-pori bersih dan bebas kulit mati.


Rekomendasi Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak

Tahapan skincare routine untuk kulit berminyak haruslah diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah dilakukan pagi dan malam hari. Adapun skincare routine yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Toner

Toner untuk kulit berminyak dapat menggunakan produk yang memiliki bahan asam glikolat, salycilic acid dan asam laktat. Contoh merk toner yang aman dan mengambil bahan organik sebagai bahan bakunya adalah sensatia botanicals, nectars, skintific dst. 

2. Serum

Penggunaan serum penting untuk memperbaiki dan merawat lapisan penghalang kulit. Serum wajah sebaiknya digunakan di pagi hari sebelum beraktifitas. Contoh serum yang dapat digunakan sehari-hari untuk kulit berminyak adalah somethinc, wardah, skintific, nectars dan sensatia botanicals.

3. Pelembab Wajah 

Setelah menggunakan serum, penting menggunakan pelembab wajah. Pelembab wajah yang digunakan haruslah yang tidak berminyak dan ringan serta berbahan dasar air. Adapun contoh pelembab wajah yang dapat digunakan adalah  nectars day cream, sensatia botanicals, skintific dan wardah.

4. Sunscreen

Tahap terakhir dalam skincare routine untuk kulit berminyak adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen digunakan untuk menjaga kulit dari uv matahari dan efek negatif sinar matahari, dengan minimal SPF 30. Sunscreen yang dapat digunakan contohnya wardah, nivea, emina dan lain-lain.

tahapan skincare routine untuk kulit berminyak

Tahapan skincare routine untuk kulit berminyak, merupakan cara merawat kulit berminyak agar terbebas dari masalah kulit seperti jerawat. Dengan demikian wajah tetap terjaga kesehatannya.



 

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment