sitisartikah.com

5 Cara Daftar Online Disdukcapil Kabupaten Bogor

Bismillah, Apa kabar kawan? Semoga sehat selalu ya.

Mumpung masih hangat, kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengurus administrasi ke pindahan. Saya merupakan warga lama Bogor, yang baru akan mengurus kepindahan domisili dari asal. Proses ini membutuhkan daftar online Disdukcapil Kabupaten Bogor terlebih dahulu. Pendaftaran ditujukan mendapatkan antrian pengurusan administrasi tersebut.

5 cara daftar online disdukcapil kabupaten bogor

Sebelum melakukan kepengurusan di Disdukcapi Kabupaten Bogor. Terlebih dahulu kita memerlukan surat keterangan pindah dari domisili asal. Kebetulan, domisili asal saya dari Kabupaten Bekasi. Dan Alhamdulillahnya, Kabupaten Bekasi sudah memiliki website untuk pelayanan administrasi publik. Tentu sangat mengembirakan dan memudahkan.

Website pengurusan administrasi Kabupaten Bekasi bisa dilihat pada alamat web https://sitepak.bekasikab.go.id/. Website ini sama seperti yang digunakan saat saya membuat kartu identitas anak pada artikel sebelumnya.

Jujur, senang sekali waktu tau dari pihak Kabupaten Bekasi menyediakan layanan online untuk surat kepindahan. Karena setidaknya saya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cikarang yang jaraknya jauh dengan domisili saya sekarang.

Namun, berbeda dengan surat kedatangan. Sebelum ke Disdukcapil Kabupaten Bogor, saya melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke pihak desa. Didapatkan informasi bahwa harus membuat surat datang dahulu yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kabupaten Bogor.

Akhirnya saya pergi ke Disdukcapil Kabupaten Bogor, untuk memproses surat kedatangan. Berbekal fotocopy KK, KTP dan surat pindah domisili asal. Saya pergi ke Mall Pelayanan Administrasi yang dimiliki Disdukcapil Kabupaten Bogor.


Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bogor

Mendengar kata-kata mall, terbayangkan pasti banyak bagian-bagian yang disediakan. Usut punya usut, ternyata MPP berisikan berbagai pelayanan publik yang terdiri dari berbagai instansi. Instansi yang membuka pelayanan di Mall Pelayanan Publik ini adalah Disdukcapil, Bappenda, Kantor samsat, badan pertanahan, bpjs ketenagakerjaan, BPOM dan masih banyak lagi instansi yang memberikan pelayanan disini.

By the way, barangkali belum tau, sekarang untuk pengurusan pajak kendaraan bermotor sudah bisa online loh. Selengkapnya bisa dicek pada artikel Aplikasi Signal.

Lanjut ya, menurut saya pribadi keberadaan MPP sangat membantu terpusatnya seluruh pelayanan publik ya. Sehingga, dalam satu waktu kita juga dapat melakukan berbagai pengurusan administrasi di Kabupaten Bogor. Hal tersebut sesuai dengan latar belakang tercetusnya pendirian MPP Kabupaten Bogor.

mall pelayanan publik kabupaten bogor

Dikarenakan saya membutuhkan pelayanan disdukcapil, maka saya konsen ke pelayanan publik kepengurusan administrasi perpindahan. Nah, untuk melengkapi proses pengurusan ternyata pihak disdukcapil membuat suatu sistem antrian. Melalui daftar online disdukcapil Kabupaten Bogor via aplikasi.

Daftar Online Disdukcapil Kabupaten Bogor

Untuk mendapatkan antrian, kita harus mendaftarkan diri secara online. Daftar online disdukcapil kabupaten bogor dapat dilakukan melalui aplikasi SILOKA. Aplikasi Siloka dapat didownload di playstore, atau dapat dibuka pada web siloka : siloka.dukcapilbogorkab.id.

Sebelum masuk ke cara daftar online disdukcapil Kabupaten Bogor, mau cerita sedikit. hihi

Jadi waktu pertama saya pergi ke disdukcapil Kabupaten Bogor, saya belum paham tentang adanya aplikasi Siloka ini. Sehingga saat pertama datang ke disdukcapil, saya harus legowo pulang tanpa membawa hasil.#sad #cry, but gapapa jadi ada pengalaman.

So, harapannya artikel ini bisa membantu yaa, buat kawan-kawan yang hendak mengurus kepindahan domisili ke Kabupaten Bogor.

Salah satu ibroh pergi ke disdukcapil adalah saya tau adanya Aplikasi Siloka, standar pelayanan umum beserta dengan masing-masing syaratnya. Tentu, semangat sekali langsung berusaha mendaftar. Agar bisa mendapatkan antrian pengurusan. Sebagai gambaran, berikut standar pelayanan umum disdukcapil Kabupaten Bogor.

standar pelayanan umum disdukcapil kabupaten bogor

5 Cara Daftar Online Disdukcapil Kabupaten Bogor

Setelah paham adanya Aplikasi Siloka, langsung gercep mendaftar ya. Waktu awal mendaftar saya menggunakan aplikasi MPP yang saya download di Playstore. Iconnya seperti dibawah ini:

icon aplikasi mpp kabupaten bogor

Namun karena ada kesalahan input, maka terjadi eror. Akhirnya saya mencoba melakukan pendaftaran melalui web siloka. Berikut 5 cara daftar online disdukcapil kabupaten bogor via web.

1. Buka google chrome atau mesin pencarian lain. Ketik alamat web siloka.dukcapilbogorkab.id. Website ini dapat diakses dimana dan kapan pun.

daftar siloka kabupaten bogor

2. Setelah muncul laman siloka, daftarkan akun dengan memasukan NIK, KK, NIK Kepala Keluarga dan mencatumkan nomor hp serta membuat password. Harap memasukan data email dengan benar, dikarenakan aktivasi akun siloka akan dikirimkan kesana.

3. Cek email terdaftar, aktivasi akun dengan mengklik link yang dikirimkan.

4. Kemudian login dengan username/email yang didaftarkan. Setelah itu, pilih pelayanan yang diinginkan.

data untuk antrian pelayanan

5. Masukan data diri, rencana tanggal pengurusan administrasi. Apabila pada waktu yang kita inginkan jadwal sudah penuh, maka akan ada kolom info yang mengatakan bahwa jadwal penuh. dengan demikian kita dapat memilih waktu lain.

pendaftaran berhasil

Keuntungan Siloka

Dengan adanya pelayanan melalui Siloka, proses pengurusan menjadi lebih cepat dan terarah. Karena petugas dan pengguna pelayan sudah mengetahui apa yang akan dilakukan. Sehingga stigma pengurusan administrasi yang lambat dan bertele-tele dapat berkurang bahkan hilang.

Selain itu, sistem antrian membantu mengurangi penumpukan orang di area pelayanan. Suasana lebih kondusif dan nyaman. Untuk kemudahan proses, diharapkan pemohon sudah mengetahui kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Agar berkas lengkap dan dapat langsung diproses "one day service".

Enak banget yaa bisa sat set begitu. Namun, sistem tetap butuh perkembangan. Sistem siloka belum mencakup semua pelayanan secara online. Masih terdapat beberapa pelayanan yang harus dilakukan secara offline, jadi hanya ambil antrian secara online, istilahnya.

Diharapkan selanjutnya akan tersedia layanan online sehingga tidak harus ke kantor pelayanan. Jadi tidak memerlukan waktu khusus untuk kepengurusan administrasi tersebut. Biar bagaimanapun apresiasi yang baik dari saya dimana kondisi pelayanan sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Semoga semakin membaik dan lengkap lagi yaa dikemudian hari. Harapannya melalui artikel 5 cara daftar online disdukcapil Kabupaten Bogor bermanfaat buat para pengurus administrasi ya.

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood
Newest Older

Related Posts

Post a Comment